Rabu, 22 Maret 2017

Bagaimana Menyeimbangkan Teori dan Prakteknya?

 

Seimbang antara teori dan prakteknya
Tidak semua hal bisa diselesaikan dengan omongan, karena ada hal-hal yang akan selesai bukan dengan omongan melainkan dengan tindakkan, contohnya membuang sampah pada tempatnya. 

Ini tentu bukan hanya sebatas selogan, apa lagi hanya himbauan, jelas harus ada aktiftas riilnya yaitu membuang sampah pada tempatnya. Beberapa teman saya sering bertanya bagaimana caranya menjadi penulis. Saya menjawab dengan sederhana, ya… tinggal menulis. Penulis adalah yang menulis, pembaca adalah yang membaca demikian juga pembicara atau pendongeng. 

Mereka yang melakoninya layak dipredikatkan untuk apa yang sedang dilakoninya. Sederhana.
Dari penyebutan istilahpun kita tahu bahwa apakah istilah itu menunjukan konotasi aktiftas fisik atau hanya sebatas omongan saja. Bagi para pengacara atau para negosiator ulung, tentunya ia tidak hanya berpacu pada gaya dan rektorika semata, pengumpulan data untuk mendukung fakta-fakta sangat dibutuhkan untuk kemenang.


Kadang teori tidak searah bahkan jauh dari realitas di dunia kerja. Tetapi fungsi dari pada teori yang biasanya diperoleh dibangku seklolah atau diperkuliahan adalah semata dinamika berpikirnya. 

Kalau hanya sebatas mengumpulkan lalu menghapal teori-teorinya apalah artinya tanpa memahami regulasi mengapa muncul teori seperti itu.  

Jika dinamika berpikir telah berjalan dengan baik, dan ketika bersentuhan dengan lapangan tentu kita pun akan terbiasa menganalisis, menghimpun dan bahkan menyimpulkan sehingga kita bisa menemukan teori baru dalam bidang yang baru. 

Semangat inilah yang harus dimiliki agar dunia kerja tidak selalu timpang dengan pendidikan yang dienyam.

Jika kemampuan berpikir tidak diasah–untuk peka terhadap apa yang terjadi–, apalagi hanya mengumpulkan dan menghapal teori-teori yang nampaknya sudah usang, tidak menutup kemungkinan kita akan bergulat para perdebatan dan adu rektorika yang tidak berujung pangkal, padahal dunia menuntut untuk cepat dan tangkas dalam memberikan solusi. 

Tetapi jangan sampai kita salah persepsi, karena ada hal yang berkutat pada hal-hal yang teoritis, seperti hal-hal yang metefisik, eskatologi dan ada juga hal yang membutuhkan aplikasi seperti sains, etika dan estetika. Tetapi bagaimana caranya dua kutub itu menatu. Ketika berbicara tentang sains maka akan pula berujung pangkal pada matefisik. Ketika berbicara tentang matimatika atau fisika ada korelasinya dengan etika dan setetika. Sehingga semuanya bisa bernilai.

Kemampuan menyatukan antara teori dan praktek membutuhkan energi. Tidak mungkin seseorang yang sehat otaknya (kemampuan daya pikirnya normal) sementara fisiknya lemah, sakit-sakitan, jelas tidak memungkinkan untuk mempraktekannya. 

Jelas sekali harus adanya keseimbangan, terutama asupan nutrisi. Kebutuhan fisik adalah dengan asupan nutrisi yang dibutuhkan fisik seperti vitamin, protein, dan lainya. Untuk pikiran membutuhkan nutrisi yang bergizi pula berupa bacaan yang sehat, motivasi, inspirasi dan pandangan hidup yang mencerahkan.   


Tidak ada komentar:
Write komentar